Senin, 03 November 2014

Bab 12 Keajaiban kata Memberi

尊敬語
(Bahasa Hormat)

謙譲語
(Bahasa Rendah hati)
Untuk atasan

さしあげる さしあげます Memberi (Gue kasih) Sashiagemasu

丁寧語
(Bahasa Sopan)
Untuk teman, keluarga

あげる あげます Memberi (Gue kasih) Agemasu

普通
(Bahasa Biasa)
Untuk anak, hewan, dan tumbuhan

あげる あげます Memberi (Gue kasih) Agemasu

やる やります Memberi (Gue kasih) Yarimasu

Media pembelajaran
1. Kosakata Pemberian hadiah, perhiasan
2. Kosakata Subjek dan kata benda yang sudah dipelajari.



Rei = Contoh

上の人おみやげさしあげます
Ue no hito ni omiyage wo sashiagemasu
Saya memberikan oleh-oleh kepada atasan

KIM BUMさんに花をあげます
Kim bum san ni Hana wo agemasu
Saya memberikan bunga kepada sdr. kim bum

チョコレートをあげます
Chocoreeto wo agemasu
Gue kasih coklat

恋人にキスをあげます
Koibito ni kisu wo agemasu
Saya memberikan ciuman kepada kekasih

女の子に人形をあげます(やります)。
Onna no ko ni Ningyou wo agemasu
Saya memberikan boneka kepada anak cewek

男の子におもちゃをあげます(やります)
Otoko no ko ni Omocya wo agemasu
Saya memberikan mainan kepada anak cowok

木に水をやります。
Ki ni Mizu wo yarimasu
Saya memberikan air kepada pohon

魚に餌をやります。
Sakana ni esa wo yarimasu
Saya memberikan pardok kepada ikan

猿にバナナをやります。
Saru ni banana wo Yarimasu
Saya memberikan pisang kepada monyet

Celine dion さんは Mariah Carey さんにプレゼントをあげます。
Celine dion san wa Mariah carey san ni purezento wo agemasu
Saudara celine dion memberikan Hadiah kepada sdr. Mariah carey




Tidak ada komentar:

Posting Komentar